Tertimbun Pasir Laut, Muaro Pasar Baru Bakal Dikeruk

Painan – Muaro Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan yang tertimbun pasir laut segera dikeruk menggunakan alat berat agar kapal nelayan bisa kembali keluar masuk muara.

Hal itu ditegaskan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ketika meninjau Muaro Pasar Baru, Kamis 28 November 2019.

Bupati mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan Dinas PSDA Pesisir Selatan segera melakukan upaya penanganan di lapangan dengan cara mengeruk pasir laut yang menimbun Muaro Pasar Baru.

“Ya, saya sudah menginstruksikan Dinas PSDA Pesisir Selatan segera melakukan upaya penanganan di lapangan dengan cara mengeruk pasir laut yang menimbun Muaro Pasar Baru dengan menggunakan alat berat,” tegasnya.

Disebutkan, belakangan ini nelayan setempat mengeluhkan kondisi Muaro Pasar Baru yang tertimbun pasir laut akibat didorong ombak. Akibatnya, kapal nelayan tidak bisa lagi keluar masuk muara.

Padahal, kapal nelayan itu harus bersandar di muara untuk membongkar hasil tangkapan ikan maupun mengisi bekal melaut. Hal ini langsung dilaporkan kepada pihak pemerintah kabupaten, dan segera ditindaklanjuti dengan mengeruk pasir laut menggunakan alat berat.

“Begitu dapat laporan Muaro Pasar Baru tertimbun pasir laut, maka saya bersama pihak Dinas PSDA langsung terjun ke lokasi untuk mengambilkan langkah-langkah penanganan agar kapal nelayan kembali bisa keluar masuk muara,” ucapnya.

Sementara Sekretaris PSDA Pessel, Sukma Roni mengungkapkan, Muaro Pasar Baru tertimbun pasir sejak 3 bulan belakangan yang mengakibatkan kapal nelayan tidak bisa lagi keluar masuk muara untuk membongkar hasil tangkapan maupun mengisi bekal melaut.

“Sesuai instruksi bupati, maka kami segera melakukan upaya penanganan dengan cara mengeruk pasir laut menggunakan alat berat. Sementara panjang muara yang tertimbun sekitar 80 meter. Setelah dikeruk, maka nanti dibangun penahan tebing agar pasir laut yang terdorong ombak tidak lagi menimbun muara,” jelasnya.

Comment